Kamis, 17 April 2008

Harga Beras Naik


Kamis, 17 April 2008 13:44 WIBPURWOREJO,KAMIS - Harga pembelian pemerintah untuk gabah dan beras akan dinaikkan dalam waktu dekat. Hal itu bertujuan meningkatkan nilai jual beras dan gabah petani. Demikian dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di sela-sela panen raya perdana padi varietas baru, Super Toy HL-2, di Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (17/4).
Kenaikan harga itu diharapkan meningkatkan kesejahteraan petani. "Harga gabah dan beras akan segera dinaikkan. Tetapi, harganya harus bisa juga dijangkau oleh masyarakat," kata Susilo Bambang.
Varietas padi Super Toy HL-2 yang baru dipanen itu ditargetkan mampu dipanen sebanyak tiga kali per tahun. Luas areal penanaman padi tersebut di Kecamatan Grabag mencapai 103 hektar. Kapasitas panen padi itu ditargetkan sebesar 15,5 ton gabah.
Padi varietas baru itu diciptakan oleh Tuyung Supriyadi, petani asal Bantul, Yogyakarta. Bibit padi itu berasal dari persilangan varietas padi penghasil beras rojolele dan pandanwangi. Padi itu sebelumya pernah ditanam di Bantul, dan Kulonprogo di Yogyakarta.

Tidak ada komentar: