Jumat, 18 April 2008

BI Intervensi, Rupiah Jauhi 9.200

Rabu, 16 April 2008 | 17:37 WIB

JAKARTA,RABU - Kurs rupiah terhadap dollar AS, Rabu (16/4) sore berada di kisaran Rp 9.185/9.195 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.195/9.198 per dollar AS.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova seperti dikutip Antara di Jakarta, mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah pada Rabu sore berkurang dibanding pagi. "Berkurangnya tekanan negatif terhadap rupiah, karena Bank Indonesia (BI) tetap berada di pasar membeli dollar AS dalam jumlah yang tidak besar," katanya.

BI, menurut dia, tetap menjaga agar rupiah berada di bawah posisi Rp 9.200 per dollar AS karena dikhawatirkan apabila rupiah berada di atas angka tersebut maka keterpurukan akan makin terjadi. "Kami optimis BI akan tetap menjaga rupiah berada di bawah angka Rp 9.200 per dollar AS, katanya.

Ia mengatakan, rupiah mendapat tekanan pasar, akibat membaiknya dollar AS di pasar regional, setelah data harga produsen dan manufaktur AS membaik "Membaiknya kedua data AS itu memberikan sinyal kepada bank sentral AS (The Fed) agar hati-hati dalam melakukan penurunan suku bunga Fedfun," ucapnya.

Menurutnya, aktivitas pasar masih lesu, karena pelaku pasar masih menunggu pertemuan The Fed pada akhir bulan ini yang akan membahas tingkat suku bunga.

Tidak ada komentar: